Kategori
Susah Closing

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

Kali ini kami akan bahas seputar [permalink]Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya[/permalink]. Action orang yang kepengen closing terus tiap hari mesti berbeda dengan actionnya orang awam. Dengan kata lain bila kepengen sukses dan jualannya laris, maka belajar dan action kita pun wajib berbeda dengan kebanyakan orang. Jika gini-gini saja, maka hasilnya juga ga akan maju.

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

Berikut beberapa faktor yang bikin kita sulit closing tiap hari. Dan juga sering terKendala susahnya bisa menghasilkan penjualan setiap hari.

1. Sulit Bagi Waktu

Hambatan ini sering dialami oleh pengusaha online dan wirausaha yang masih bekerja. Poin ini adalah salah satu halangan yang membuat closing kita naik turun. Solusinya ialah kita mesti belajar buat meluangkan waktu tiap hari. Minimal 1 – 2 jam buat mulai berjualan, mulai bangun leads atau calon pembeli dan memperbesar kolam. Siapkan tabel harian buat setting kapan waktu berjualan.

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

2. Gak Percaya Diri dalam Berjualan

Hambatan ini membuat semangat berjualan kita kurang kencang. Pas giliran ingin berjualan, malah kepikiran ini, kepikiran itu. Takut ditolak, takut dibilang apa-apa, ini dan itu dll. Solusinya adalah percaya diri atau tidak percaya diri itu cuma masalah persepsi aja. Jangan sampai persepsi pikiran kita bikin langkah gerak makin lambat. Hanya karena gak percaya diri gara-gara kepikiran ini dan itu.

3. Ga Mood

Yang bikin orang susah jualannya dan enggak dapat konsisten adalah karena terlibat perasaan. Jualan yang didorong perasaan mood atau enggak mood rata-rata bikin bisnis itu naik turun. Hasilnya engga rutin. Jualan itu jangan sampai baperan (bawa perasaan). Solusinya ialah jangan jualan karena mood. Banyak berdoa, banyak baca buku, ikut komunitas positif, inget keluarga di rumah, inget anak istri butuh makan dls.

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

4. Memusingkan Diri dengan Jualan Produk yang Susah Terjual

Banyak orang jualan atau bisnis akan tetapi bukannya untung malah buntung. Bukannya closing malah tambah pusing. Seringkali closing atau enggak closing karena kita jualan produk yang emang enggak dibutuhkan market/pasar atau produknya yang sulit laris. Solusinya ialah jualan produk yang emang telah laris aja. Akan tetapi bila ingin jualan produk yang agak sulit dijual, ya engga mengapa juga. Karena produk yang bakal kita jual ialah pilihan.

5. Leadsnya Sedikit

Jualan bakal kian gagal apabila leadsnya sedikit. Apa itu leads? Leads adalah calon prospek atau calon pembeli. Calon pembeli ada dimana saja? Ada banyak, tapi kita susah jualan karena leadsnya sedikit dan kita enggan buat tambah leads lagi. Solusinya ialah

  • bangun jaringan,
  • bangun pertemanan,
  • dekati komunitas,
  • blusukan,
  • dst, yang penting aktivitas buat perbanyak leads.

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

6. Enggak Punya Tabel Jualan Harian

Kendala orang-orang yang suka jualan tetapi hasilnya enggak rutin sebab jualan tanpa rencana dan target yang jelas. Semua pengusaha sukses ialah mereka yang berjualan dengan rencana dan target. Tanpa ini enggak akan ada panduan. Enggak akan ada goal yang jelas apa yang mau dicapai.

Solusinya karena ini konteksnya merupakan closing setiap hari, usahakan agar tabel jualannya berbentuk jualan harian. Sehingga kita dapat membayangkan kapan bakal jualan, jam berapa akan jualan dan jam berapa memperbesar leads tiap hari.

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

7. Prospeknya Cold (Masih Cold Market / Belum Kenal)

Cold market merupakan prospek yang belum kenal dan belum percaya dengan kita. Dijamin akan sulit closing apabila kita jualan ke orang asing. Kecuali kita menjual produk yang sudah terkenal. Buat mengenal mengenai cold market bisa baca: 3 Jenis Market Prospek

Solusinya adalah ubah cold market menjadi warm market, kalau perlu jadi hot market. Caranya berikut ini:

  • bisa ajak kenalan lebih dulu,
  • bisa kita sharing terlebih dahulu (jangan jualan langsung),
  • bisa buat kelas WA dulu (bila kepengen jualan produk edukasi),
  • konsisten sharing dahulu supaya banyak yang kenal kita,
  • dll

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

8. Tak Memiliki Tim Penjualan

Yang membuat seseorang kesulitan mendapat penghasilan rutin dari jualan yakni saat berjualan seorang diri. Ujung-ujungnya terganggu kesibukan. Sibuk itu karena semua dikerjakan sendiri. Solusinya yaitu mulai rekrut tim yang backup jualan kita, misal admin. Admin membantu ke teknis penjualan. Sehingga kita bisa fokus memperbesar leads, cari supplier, relasi, besarin kolam dan rekrut reseller terus.

9. Sering di PHP Calon Buyer

Salah satu gangguan closing terbesar yakni sering di PHP calon pembeli. PHP ini beranekaragam. Mulai dari cuma di read doang, susah di follow up, atau janji transfer akan tetapi gak transfer-transfer. Solusinya adalah pelajari cara closing tanpa PHP, misal scarcity, harga naik, teknik option dll.

Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya

10. Penawarannya Kurang Kuat

Halangan susah closing karena promo dan penawaran yang kita berikan biasanya kurang kuat. Kurang kuat ini parameternya banyak, mulai dari

  • judul promo gak nendang,
  • bonus / manfaat enggak menggiurkan
  • call to actionnya kurang ampuh
  • dan lain sebagainya

Solusinya adalah buat penawaran yang kuat mulai dari judul, body copy text, hingga call to action.

11. Jualannya Sendirian

Jualan sendiri itu memang enak, karena keuntungannya dimakan sendiri. Namun jika jualannya dibantu dengan pasukan reseller, jualan kita dapat berkali-kali. Membangun pasukan reseller itu membantu kita bisa sekali posting closing berkali-kali. Solusinya ialah:

  • Persiapkan buat membangun pasukan reseller, rekrut, bina secara rutin dan dorong untuk berjualan.
  • Saat ada pelanggan, kontaknya wajib disimpan. Kalau bisa disimpan dalam database yang gak bisa hilang. Misal data excel, di save di google drive.
  • dst

Poin-poin di atas mungkin dapat bertambah atau berkurang tergantung situasi dan kondisi kita. Tetapi poin di atas adalah hal-hal umum yang sering bikin susah closing setiap hari. Bila kepingin lebih lengkapnya dapat baca di buku Rahasia Closing tiap Hari. Untuk informasi order atau pemesanan dapat kontak kami atau klik link yang tersedia.

Sekian informasi berkaitan dengan Mengapa Sulit Closing? Ini Bermacam Ragam Permasalahannya, semoga artikel ini berguna untuk sahabat semua. Mohon post ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Closing Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *